Strategi Operasional

Pengertian Strategi Operasional


Strategi Operasional adalah fungsi operasional yang menentukan arah dalam pengambilan sebuah keputusan yang terintegrasikan bersama strategi bisnis. Strategi Operasional menciptakan pola pola pengambilan sebuah keputusan operasional secara konsisten.

Ada beberapa ahli yang memberikan pendapat mengenai pengertian Strategi Operasional

strategi operasional
Strategi Operasional
Skninner [1978]
Strategi adalah filosofi yang memiliki keterkaitan dengan alat dalam mencapai tujuan
Hayes dan Wheel Wright [1978]
Mendefinisikan strategi operasional sebagai seluruh aktivitas yang berada dalam ruang lingkup perusahaan termasuk pengalokasian seluruh sumber daya perusahaan yang dimiliki
Hill [1989]
Strategi adalah sebuah cara yang memfokuskan pada suatu hal yang berkaitan dengan aktivitas manufakture dan pemasaran. Kesemuanya dilakukan untuk mengembangkan perspektif perusahaan melalui agregasi
Anderson et al [1984
Strategi Operasional adalah visi jangka panjang yang terdiri dari misi, tujuan atau sasaran, kebijakan serta distintive competence dari suatu perusahaan
Melihat berbagai definisi mengenai strategi operasional diatas, benang merahnya bisa terlihat bahwa strategi operasional merupakan sebuah komitmen terhadap seluruh aktivitas yang telah direncanakan ataupun yang berada pada lingkup perusahaan. Aktivitas yang akan dijalankan oleh manajemen dengan memaksimalkan sebaik mungkin semua sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan. Kita bisa menentukan indikator dari sebuah strategi operasional:
  • Komitmen terhadap aktivitas yang ada pada lingkup perusahaan
  • Keadaan perusahaan yang ada saat ini dan yang masih direncanakan
  • Proses tranformasi, aktivitas organisasi bisa menjadikan masukan sebagai nilai tambah
  • Distinctive competence, kemampuan spesifik perusahaan dalam memberikan nilai tambah

Tipe tipe strategi operasional

- Strategi Produksi berbiaya rendah yang dilakukan dengan penekanan pada biaya produksi
  • Tekhnologi tinggi, biaya tenaga kerja yang rendah, tingkat persediaan yang rendah, mutu terjamin
  • Bagian manajemen pemasaran dan manajemen keuangan mendukung
- Strategi inovasi terhadap produk dan pengenalan sebuah produk baru
  • Fleksibilitas didalam pengenalan produk baru
  • Harga tidak menjadi masalah dalam hal pemasaran
Strategi Operasional memadukan semua masukan dari berbagai jenis fungsi manajemen lainnya, semisal evaluasi terhadap informasi atau strategi terhadap audit dengan mempergunakan metode pendekatan analisa SWOT dan yang lainnya


Share this :

Previous
Next Post »